Minggu, 23 Oktober 2011

Biografi Hasan Al Banna


                  submitted by :Redaksi
                  sumber :milis



                  Oktober 1906

                  Hasan Al Banna lahir di Mahmudiyah, sebuah kota kecil di Delta
                  sungai Nil, di Propinsi Buhairah, Mesir Utara. Lingkungan
                  tempat tinggalnya penuh suasana keagamaan, jauh dari hiruk
                  pikuk suasana metropolitan dan pengaruh kehidupan Eropa, dan
                  jauh dari pengaruh paham dan tradisi asing di luar Islam.
                  Ayahnya, Ahmad Abdurrahman Al Banna merupakan seorang ahli
                  hadist, juga merupakan imam shalat dan pengajar Qurâ’an di
                  masjid setempat. Salah satu kitab karangan ayahnya adalah Al
                  Fathur Rabbani Litartibi Musnadil
                  Imam Ahmad bin Hambal As Syaibani. Ayahnya menekuni profesi
                  sebagai pengusaha penjilidan buku dan reparasi jam, sehingga
                  dikenal dengan panggilan Asy Syaikh As Saâ’ati


                  1914 -1918

                  Hasan Al Banna belajar di madrasah diniyah Ar-Rasyad, tempat
                  menempa ilmu dan menggembleng pribadi. Pemiliknya adalah
                  Syaikh Muhammad Zahran, seorang yang brilian, berilmu dan
                  bertaqwa. Selain materi-materi madrasah pada
                  umumnya, para murid di sini belajar menghafal dan memahami
                  hadist, mengarang (insya’), tata bahasa (qawa’id), dan
                  prakteknya (tathhiq). Selain itu juga diajarkan adab (tata
                  krama) yang diruangkan dalam pelajaran muthola’ah (wacana)
                  atau imla’ (dikte) dan mahfuzhat (hafalan) yang ditulis dalam
                  bentuk puisi atau prosa yang indah.

                  Dari Ar-Rasyad, atas permintaan ayahnya, Hasan Al Banna
                  berpindah ke Madrasah I’dadiyah (setingkat Madrasah
                  Ibtidaiyah, hanya tanpa pelajaran bahasa asing, namun di
                  tambah pelajaran UU pertanahan dan perpajakan, sedikit
                  agrikultura, dan mendalami secara luas ilmu bahasa Arab dan
                  ilmu agama). Saat awal memasuki madrasah ini hafalan Al Quran
                  Hasan Al Banna kurang lebih separo Al Qur’an. Sembari sekolah
                  beliau terus menghafal Al Qur’an. Penambahan hafalannya
                  dilakukan setelah shalat subuh hingga menjelang berangkat
                  sekolah.

                  Di Madrasah I’dadiyah, Hasan Al Banna bergabung dengan
                  organisasi Perhimpunan Akhlak Mulia yang dibina oleh guru
                  olahraga dan matematika, Muhammad Afandi Abdul Khaliq.
                  Diantara kegiatannya adalah menjatuhkan sanksi kepada anggota
                  yang melakukan kesalahan/akhlak tercela. Hasan Al
                  Banna kemudian dipilih menjadi ketua organisasi ini.

                  Karena Perhimpunan Akhlak Mulia dipandang belum mencukupi,
                  para aktifisnya kemudian membentuk organisasi baru bernama
Jamâ’iyah Manâ’ Al-Muharramat (Asosiasi Anti Haram). Kegiatannya memberikan teguran (berupa surat rahasia) kepada orang
                  (termasuk masyarakat umum) yang melakukan perbuatan haram.
                  Asosiasi ini menjalankan kegiatan selama +-6 bulan.

                  Hassan Al Banna sering menyewa buku per pekan. Diantara buku
                  yang paling berkesan adalah sebuah buku yang mengisahkan
                  tentang seorang putri raja yang berkemauan tinggi. Buku
                  tersebut seluruhnya berkisah tentang semangat,
                  keperwiraan, pembelaan terhadap negeri, serta keteguhan
                  berjihad fi sabilillah.


                  1920 - 1923

                  Pemerintah kemudian menghapus Madrasah I’dadiyah. Hasan Al
                  Banna pindah ke Madrasatul Mu’allimin Al-Awwaliyah di
                  Damanhur, ibukota Propinsi Buhariah. Saat itu beliau berumur
                  tiga belas setengah tahun, dan hafalan Qur’annya kurang
                  seperempat lagi. Sebenarnya usia minimal untuk memasuki
                  sekolah ini adalah 14 tahun, namun Hasan Al Banna diterima
                  setelah lulus tes tulis dan lisan. Di Damanhur ini Hasan Al
                  Banna dapat menyelesaikan hafalan Qurannya pada usia kurang
                  dari 14 tahun.

                  Hari-hari di Damanhur merupakan saat Hasan Al Banna tenggelam
                  dalam nuansa tasawuf dan ibadah. Beliau aktif mengikuti
                  tarekat Hashafiyah. Beliau mulai tekun mengamalkan wirid
                  al-wazhifah az-zuruqiyah pagi dan sore hari. Wazhifah ini
                  berupa ayat-ayat Quran dan hadist nabi mengenai doa-doa pagi
                  dan petang yang ditulis dalam kitab-kitab Sunnah. Tidak ada
                  tambahan ucapan asing sama sekali, tidak juga ungkapan
                  filsafat atau materi, semuanya berupa doa.

                  Di Damanhur ini Hasan Al Banna bersinggungan langsung dengan
                  revolusi Mesir, tahun 1920-1923.

                  Beberapa kenangan Hasan Al Banna di Damanhur:

                  Menghabiskan malam-malam di masjid Al Jaisy, bersama para
                  ikhwan Hashafiyah, untuk shalat isya, dzikir, qiyamul lail,
                  membaca wazhifah dan wirid-dirid.

                  Melakukan silaturahim ke ulama sekitar, disertai rihlah setiap
                  hari Jumat pagi.

                  Bersama para ikhwan sahabatnya, melakukan diam dan uzlah
                  termasuk di sekolah, dengan cara tidak bercakap-cakap kecuali
                  dengan ungkapan dzikir atau kalimat Al Qur’an.

                  Mengadakan syiâ’ar di madrasah. Diantaranya mengumandangkan
                  adzan dhuhur dan ashar meskipun waktunya bentrok dengan jam
                  pelajaran, juga tilawah Al Qurâ’an ketika jam istirahat.

                  Melakukan demonstrasi, menentang pemerintahan Inggris di
                  Mesir.

                  Meskipun tenggelam dalam lautan tasawuf dan ibadah, Hasan Al
                  Banna tetap berhasil mengikuti seluruh pelajaran. Hal ini
                  didukung oleh dorongan dari ayahnya (termasuk perpustakaan dan
                  sejumlah buku yang dihadiahkan
                  untuknya), dan para ustadz di madrasah Muâ’allimin yang
                  merupakan tokoh. Diantara yang banyak memberikan pengaruh
                  adalah kitab Al Anwar Al Muhammadiyah karya An-Nabhani,
                  Mukhtashor Al-Mawahib Al-Laduniyah karya Al
                  Qastalani, dan Nurul Yaqin fi Sirah Sayyidil Mursalin karya
                  Syaikh Al-Hudairi.

                  Di luar kurikulum sekolah, Hasan Al Banna menghafal matan
                  (intisari) berbagai cabang ilmu. Beliau hafal Mulhatul I’rab
                  karya Al Hariri, Alfiyah karya Ibnu Malik, Al Yaqutiyah yang
                  berisi ilmu mushthalah hadist, Al Jauharah tentang tauhid, Ar
                  Rahbiyah tentang warisan, sebagian matan As Sulam tentang
                  mantiq (logika), cukup banyak matan Al-Qadwari mengenai fiqh
                  Abu Hanifah, dan Al Ghayah wa At-Taqrib karangan Abu Syuja’
                  mengenai fiqih madzhab maliki.


                  1923

                  Pada umur 16 tahun, Hasan Al Banna memasuki Darul Ulum di
                  Kairo (nantinya menjadi University of Cairo). Di sini
                  wawasannya mulai terbuka lebar-lebar. Beliau banyak menjalin
                  hubungan dengan ulama. Beliau disiplin mengunjungi
                  perpustakaan Salafiyyah dan rutin mengunjungi majelis ustadz
                  Muhibbuddin Al Khatib, tempat beliau banyak bertemu dengan
                  ulama. Beliau juga menghadiri majelis Ustadz Muhammad Rasyid
                  Ridha, redaktur majalah Al Manar yang
                  dipandang sebagai pewaris Muhammad Abduh. Di sini beliau
                  banyak bertemu para ulama Al Azhar.

                  Setahun di Kairo dilalui dengan penuh kebahagiaan, dan tinggal
                  di rumah kos. Ketika ujian, Hasan Al Banna meraih peringkat
                  pertama dan meraih beasiswa dari sekolah. Beasiswa ini
                  digunakan untuk membeli buku-buku nonpelajaran. Tiap pekan,
                  sehabis shalat Jumat jug beliau mengikuti pengajian di rumah
                  Syaikh Al-Hashafi, atau di rumah penggantinya, Sayiduna
                  Al-Afandi.

                  Di akhir tahun, kira-kira dua hari menjelang ujian akhir,
                  Hasan Al Banna mengalami cobaan. Teman sekelasnya yang umurnya
                  lebih tua merasa sakit hati karena nilainya lebih tinggi.
                  Akhirnya temannya menumpahkan obat merah di
                  wajah dan lehernya ketika sedang tidur. Beliau pasrahkan
                  peristiwa ini kepada Allah, dan dimaafkannya temannya itu.
                  Berita tersebut sampai juga ke kampung. Hal ini mendorong
                  ibunya sekeluarga berpindah ke Kairo.

                  Liburan musim panas kedua dihabiskan Hasan Al Banna di
                  Mahmudiyyah, dan bertemu sahabat kentalnya Ahmad Afandi As
                  Syukri. Beliau membuat toko jam dan menjadi tukang reparasi
                  jam di sana. Siang bekerja, malam-malam liburan dihabiskan
                  untuk berdzikir bersama para ikhwan Hashafiyah.

                  Sekembalinya ke Kairo, Hasan Al Banna merasa perlu suatu
                  kelompok untuk melakukan dakwah. Lembaga yang ada saat itu
                  hanyalah Jam’iyah Makarim Al-Akhlaq Al-Islamiyah (Asosiasi
                  Akhlak Islam yang Mulia). Beliau mendorong terbentuknya
                  kelompok yang akan melakukan dakwah di tempat-tempat umum.
                  Aktifis kelompok ini melakukan dakwah di kedai-kedai kopi dan
                  tempat umum lainnya. Seiring dengan absennya dia dari
                  Jam’iyyah Al Hashafiyah yang gregetnya sudah mulai mengendur
                  di mahmudiyyah, kegiatan ini cukup menyibukkannya. Waktu itu
                  bersamaan dengan bengkitnya fanatisme ke jiwa masyarakat,
                  setelah ekspedisi Inggris sekian lama menyusahkan Bangsa
                  Mesir.

                  Usai masa perang, gelombang atheisme (ilhad), materialisme dan
                  permissifisme (ibahiyah) mulai marak di mesir. Di Kairo
                  berdiri Lembaga Pemikiran yang para aktifisnya merupakan
                  campuran dari orang Islam, Yahudi dan Nasrani. Saat itu
                  terbitlah berbagai buku, koran dan majalah yang isinya
                  menyuburkan pemikiran tersebut. Reaksi para aktifis Muslim
                  terhadap hal ini terbagi dua, antara yang pasif dan ingin
                  mengcounter pemikiran tersebut. Hasan Al Banna alhamdulillah
                  berhasil mengajak para syeikh membentuk gerakan untuk melawan
                  arus pemikiran tersebut. Dari berbagai
                  pertemuan, lahirlah majalah Islam Al-Fath yang berkembang
                  pesat dan menjadi penyulut sinar hidayah bagi pemuda Islam.
                  Kelompok itu para aktifis Islam ini terus bekerja. Nantinya,
                  setelah Hasan Al Banna meninggalkan Darul
                  Ulum, kelompok ini membentuk Asy-Syubban Al Muslimin (Asosiasi
                  Pemuda Muslim).


                  1927

                  Pada bulan Juni 1927, Hasan Al Banna mengikuti ujian diploma
                  Darul Ulum. Setelah lulus dengan predikat juara pertama,
                  Departemen Pendidikan menugaskannya menjadi guru di
                  Ismailiyah, di wilayah terusan Suez.


                  19 Sept 1927

                  Hasan Al Banna mulai perjalanan ke Ismailiyah
                  Di Ismailiyah beliau berkhidmat dalam dakwah secara manhaji.
                  Diancanglah program dakwah dengan keliling kampung, masuk
                  keluar masjid, dan mendakwahi orang-orang di kedai kopi.

                  Hasan Al Banna memulai berdakwah dengan mempelajari secara
                  mendalam kondisi masyarakat dan mengenal faktor-faktor yang
                  dapat memberi pengaruh kepada mereka. Disimpulkan ada 4 faktor
                  yakni para ulama, syaikh tokoh tarekat, tokoh masyarakat dan
                  asosiasi-asosiasi.

                  Terhadap para ulama, Hasan Al Banna berupaya mendampingi,
                  memuliakan dan mengagungkan mereka, tidak pernah mendahului
                  seorang ulama pun untuk menyampaikan ceramah.

                  Terhadap para syaikh tarekat, yang jumlahnya cukup banyak,
                  Hasan Al Banna beradab terhadap mereka dengan adab tarekat,
                  serta berbicara dengan lisan tarekat. Hasan Al Banna
                  menjelaskan kondisi kebodohan dan kebobrokan masyarakat, dan
                  meminta para syaikh tarekat mengerahkan segala daya upaya
                  untuk mengisi dan membangkitkan manusia dengan ilmu
                  pengetahuan, mengarahkan mereka dengan tarbiyah Islamiyah,
                  menyatukan meraka demi izzatul Islam, dan beramal untuk
                  mengembalikan kemuliaannya.

                  Terhadap tokoh Ismailiyah, yang saat itu terbagi atas 2 kubu
                  yang punya fikroh yan berbeda, Hasan Al Banna bergaul dengan
                  kedua kubu tersebut

                  Terhadap asosiasi-asosiasi yang ada, Hasan Al Banna
                  berhubungan dengan mereka, sering menyampaikan ceramah
                  keagamaan, sosial dan sejarah.

                  Kegiatan-kegiatan ini mengasilkan persaudaraan, kader dan aset
                  dakwah yang penting, yang di kemudian hari mendukung dakwah
                  Ikhwanul Muslimin.

                  Ketika dakwah Hasan Al Banna muncul, secara umum kondisi Mesir
                  memiliki banyak kelompok dakwah yang memperhatikan satu sisi
                  risalah Islam, dan mengabaikan sisi yan lain, dan
                  kadang-kadang mencela kelompok lain. Misalnya kelompok
                  An Anshar As-Sunnah Al-Muhammadiyah yang memberi perhatian
                  khusus terhadap masalah akidah dan meletakkan garis tegas
                  antara akidah murni dan akidah musyrik, serta menentang
                  bid’ah. Musuh terbesar kelompok ini adalah
                  kelompok sufi modern maupun klasik, sufi moderat maupun yang
                  ekstrim, sufi teoritis (teosofi) maupun sufi amali (tarekat).
                  Al Jam’iyyah Asy Syar’iyyah menitikberatkan pada ibadah
                  khususnya shalat baik ilmu maupun praktek. Mereka membangun
                  masjid sendiri. Mereka menganut madzhab Al-Asy’ari yang
      menta’wil ayat-ayat dan hadist-hadist sifat, sehingga terjadi polemik      keras antara kelompok ini dengan kelompokAnshar As-Sunnah.
      Jam’iyyah Asy-Syubban Al Muslimin menitikberatkan perhatian pada    aspek kebudayaan melalui ceramah dan olahraga.
      Sedangkan kelompok Shabab Sayyidina Muhammad menitikberatkan perhatian pada masalah cadar dan pergaulan laki-laki dengan wanita. Adapun kelompok tarikat sufi, sebagian tokohnya menunjukkan kualitas ketulusan yang tinggi, namun sebagian yang lain hanya mengikuti tanpa
                  pengetahuan yan memadai.

                  Demikianlah keadaan kelompok-kelompok agama di kala itu.
                  Dakwah Hasan Al Banna mengetengahkan Islam sebagai sistem
                  hidup yang menyeluruh.


                  Maret 1928

                  Enam orang berkunjung ke rumah Hasan Al Banna. Mereka adalah
                  Hafidz Abdul Hamid, Ahmad Al Hashari, Fuad Ibrahim,
                  Abdurrahman Hasbullah, Ismail Izz, dan Zaki Al Maghribi.
                  Mereka bersumpah setia akan hidup bersaudara, beramal
                  untuk Islam dan berjihad di jalanNya. Inilah saat kelahiran Al
                  Ikhwan Al Muslimun.

                  Dakwah Ikhwanul Muslimin di Ismailiyah terus berkembang.
                  Mereka membangun kantor dan masjid di Ismailiyah. Pembangunan
                  masjid ini memancing para dermawan setempat membangun
                  masjid-masjid lain. Kemudian dibentuk sekolah
                  Ma’had Hira’ Al-Islami. Sekolah ini disambut antusias oleh
                  masyarakat.

                  Dakwah Hasan Al Banna dengan jamaahnya kemudian semakin
                  berkembang ke daerah sekitar Ismailiyah, termasuk ke Kairo.
                  Ketika Ma’had Hira’ cukup berhasil mendidik kaum laki-laki,
                  para ikhwan membangun sekolah khusus wanita, diberi nama
                  Madrasah Ummahatul Mukminin.


                  Oktober 1933

                  Pada bulan Oktober 1933, Kantor Pusat Ikhwanul Muslimin
                  berpindah ke Kairo. Tahun sebelumnya Hasan Al Banna
                  melangsungkan pernikahan.

                  Hasan Al Banna terus mentarbiyah para pemuda dengan tarbiyah
                  Islamiyah yang kokoh menghujam sebagai persiapan memikul beban
                  dakwah yang berat. Hasan Al Banna menjadi obor bagi harakah
                  dan dakwah. Beliau melakukan perjalanan dari satu wilayah ke
                  wilayah lain untuk memberikan ta’limat
                  sambil memberikan contoh bentuk-bentuk amal kepada sesama
                  aktifis da’wah.

                  Hasan Al Banna sangat serius menjaga harakah dakwahnya agar
                  jangan sampai menjadi harakah iqlimiyah (gerakan lokal) di
                  wilayah mesir saja. Beliau ingin agar da’wahnya bersifat
                  ’alamiyah (internasional). Beliau aktif mengirim utusan ke
                  berbagai wilayah dunia Islam untuk melakukan observasi kondisi
                  Muslim setempat, kemudian hasilnya di Kairo. Markas umum
                  Ikhwanul Muslinin menjadi tempat bertemunya berbagai para
aktifis Islam dari seluruh dunia, dari Afrika, Yaman, India, Pakistan,                                   Indonesia, Afganistan, Sudan, Somalia, Suria, Irak, Palestina, dll.

                  Hasan Al Banna mengibarkan panji jihad untuk menghadapi
                  penjajah asing. Beliau juga secara khusus memobilisir jihad
                  untuk pembebasan Palestina.

                  Beliau juga membentuk Komite Solidaritas bagi Kemerdekaan
                  Indonesia, dan menjadi ketuanya. H. Agus Salim, Bung Syahrir,
                  Mr. Nazir Pamentjak. Dr. H.M. Rasyidi dan M Zein Hassan
                  menyampaikan rasa terima kasih Bangsa Indonesia ke hadapan
                  Hasan Al Banna di kantor pusat Ikhwanul Muslimin di
                  Kairo, atas dukungan terhadap kemerdekaan Indonesia.


                  1948

                  Hasan Al Banna mendeklarasikan bahwa Pemerintah Mesir
                  bertanggung jawab atas kelemahan bangsa Arab dalam perang
                  pertama Palestina melawan Israel.


                  1948
                  Kaum penjajah dan para sekutunya bersengkokol menghancurkan
                  Ikhwanul Muslimin. Negara-negara Barat menekan Pemerintah
                  Mesir untuk menghancurkan jamaah Ikhwanul Muslimin serta
                  menangkap para mujahiddin sekembalinya mereka dari perang di
                  Palestina. Pembubaran pertama gerakan Ikhwanul Muslimin
                  dilakukan pada masa Raja Faruq dengan pemerintahan perdana
                  menteri An-Naqrasyi pada tanggal 8 Desember 1948. Ribuan
                  aktivis Ikhwan ditangkap dan dipenjara di Ath-Thur dan
                  Haiktasab. Jadilah Hasan Al Banna seorang diri di luar penjara
                  setelah dirinya dipisahkan dari murid-muridnya, agar
                  para musuh Islam lebih leluasa mewujudkan mimpinya.


                  12 Feb 1949

                  Puncaknya, pada tanggal 12 Februari 1949, beliau mencapai
                  kesyahidannya setelah ditembak oleh antek-antek Raja Faruq
                  secara pengecut di salah satu jalan di Kairo. Beliau berpulang
                  ke rahmatullah pada usia 43 tahun. Imam syahid meninggalkan
                  beberapa buku. Diantaranya yang paling fundamental adalah
                  Majmu’atur Rasail (kumpulan surat-surat) yang dihimpun dalam
                  satu buku, dan Mudzakkirat Ad- Da’wah wa Ad-Da’iyah (Memoar
                  Hasan Al Banna untuk Dakwah dan Para Da’inya). Imam syahid
                  telah menghabiskan waktunya untuk menekuni dakwah dan
                  tarbiyah. Beliau bangun jamaahnya dengan bertumpu pada proses
                  tarbiyah untuk mencetak kader dakwah serta membangun kesadaran
                  ummat yang selama ini tertidur pulas. Berbagai penindasan
terjadi terhadap Ikhwanul Muslimin, misalnya pada masa Raja Faruq (1948), pada masa revolusi (Feb 1954), Oktober 1954, dan 1965.
                  Alhamdulillah, Allah tetap memelihara dakwah ini sehingga
                  meskipun beliau telah syahid, namun tunas-tunas dakwahnya
                  terus tumbuh dan berkembang di seluruh penjuru bumi Allah.




                  Sumber:
                  1. Hasan Al Banna, Memoar Hasan Al Banna untuk Dakwah dan Para
                  Da’inya, Era Intermedia (terjemahan, November 1999)
                  2. Yusuf Qaradhawi, 70 Tahun Al Ikhwan Al Muslimun, Kilas
                  Balik Dakwah, Tarbiyah dan Jihad, Al Kaustar (terjemahan,
                  November 1999)
                  3. Muhammad Abdul Halim Hamid, Ibnu Taimiyah, Hasan Al Banna
                  dan Ikhwanul Muslimin, Citra Islami Press (terjemahan,
                  September 1996).

                  Depok, Januari 2002
                  Dirangkum oleh Siti Aminah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar